Jangan Khawatir, Puasa Itu Menyehatkan

on
Selasa, 22 Mei 2018


Terlepas bahwa puasa adalah perintah wajib bagi umat muslim di seluruh dunia, puasa juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lho. Setelah diteliti melalui berbagai penelitian ilmiah terhadap organ tubuh manusia serta aktifitas fisiologisnya, peneliti menemukan bahwa puasa secara jelas adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan oleh tubuh manusia sehingga ia bisa terus melakukan aktivitasnya dengan baik. Dan puasa benar-benar sangat penting dan dibutuhkan bagi kesehatan manusia sebagaimana manusia membutuhkan makan, bernafas, bergerak, dan tidur. Oleh karena itu puasa adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia agar tetap sehat.


Pentingnya puasa bagi tubuh karena puasa bisa membantu badan kita dalam membuang sel-sel yang sudah rusak, sekaligus membuang sel-sel atau hormon serta zat-zat yang melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh. Dan puasa itu, sebagaimana yang dituntun oleh agama Islam, lamanya adalah rata-rata 14 jam, kemudian baru makan untuk durasi waktu beberapa jam. Puasa adalah cara yang bagus untuk sistem pembuangan sel-sel atau hormon yang rusak dan membangun kembali badan dengan sel-sel baru. Puasa itu nggak menyebabkan orang menjadi lemah dan lesu lho, jangan salah presepsi yaaa.


PUASA ADALAH DOKTER YANG PALING MURAH

Puasa adalah dokter yang paling murah, asal disaat sahur dan berbuka kita nggak makan yang berlebihan. Makan nggak berlebihannya itu lho, secara tiap bulan puasa penjual takjil bertebaran dimana-mana. Kalau aku mana tahan cuman beli 2 macam saja, apalagi masih di 10 hari awal (*apaan siih malah curhat, muahahaha)
Selain itu puasa bisa menurunkan berat badan secara signifikan lho, tapii.. dengan catatan ketika berbuka puasa memakan makanan dengan menu seimbang dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman langsung ketika berbuka. Ya kalii aja semua menu langsung dihabisin dalam satu waktu, yekaan. Sebenernya godaan itu disaat kita menyiapkan menu berbuka, semua menu rasanya pengen dimakan saat berbuka. Eeeh saat tiba waktunya berbuka, baru minum es campur aja udah kenyang banget tuh perut (huaaahaha)


Menu yang bagus disaat awal berbuka adalah air putih dan kurma. Sebab kurma mengandung gula, yang akan memberikan rasa kenyang dalam perut karena kurma sangat mudah dicerna dan pada saat yang bersamaan ia akan memberikan energi/kekuatan dalam tubuh kita. Sebaiknya jangan langsung makan daging, sayuran ataupun jenis roti-rotian. Karena dengan begitu maka tubuh akan memerlukan waktu yang lama untuk proses mencerna dan menyerap makanan tersebut. Jadi perlu lama juga untuk membuat perut merasa kenyang, semua menu sudah habis baru deh kita merasa kenyang. Bukannya berat badan berkurang, yang ada angka timbangan semakin besar saja. Terus akhirnya, kita nggak akan maksimal memperoleh manfaat kesehatan dari puasa, diluar manfaat utamanya yaitu mendapat pahala. 


UPGRADE SEL-SEL DI DALAM TUBUH
Puasa juga berfungsi untuk menghilangkan sel-sel yang rusak atapun lemah dalam tubuh kita. Rasa lapar yang kita rasakan saat berpuasa, mampu menggerakkan organ-organ internal di dalam tubuh untuk menghancurkan sel-sel yang rusak/lemah tadi untuk menutupi rasa laparnya. Sehingga hal tersebut sangat bagus untuk mengganti sel-selnya dengan sel-sel yang baru. Dengan kata lain, di upgrade gitu kali ya, ya masak hape doang yang perlu upgrade, sel-sel tubuh juga perlu donk. Puasa juga berfungsi menjaga tubuh dari berbagai penumpukan zat berbahaya, misalnya kelebihan lemak (*asliii ini *hahaha)


MENCEGAH DIABETES

Puasa juga bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah hingga mencapai kadar yang seimbang. Karena puasa memberikan kesempatan yang baik pada kelenjar pankreas untuk istirahat. Sehingga pankreas pun mengeluarkan insulin yang mampu menetralkan zat gula dalam darah. Apabila makanan mengandung insulin yang berlebih, maka pankreas akan mengalami tekanan sehingga fungsinya melemah. Apabila sudah melemah, kadar gula pun akan semakin naik dan akhirnya menyebabkan penyakit diabetes.


MENGURANGI TERTIMBUNNYA KOLESTEROL

Sesuai pembahasan tadi, bahwa puasa juga mampu mengurang lemak dalam tubuh, sehingga akan mengurangi kolesterol juga. Kelebihan kolesterol dalam tubuh, bisa memacu penyakit jantung lho.

MEMBANTU PROGRAM DIET
Kalau yang ini sih tergantung menu berbukanya juga. Ya kali aja menu berbukanya seabrek, tapi minta lemak di tubuh berkurang (muehehhe).

Segitu aja siih dulu berbaginya. Semoga bermanfaat yaaa :)
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature