Ayo Ajak Anak Bermain Puzzle

on
Selasa, 20 Februari 2018


Sudah bukan hal yang baru lagi, kalau anak balita jaman sekarang paling suka bermain dengan gadget ya. Bahkan belum genap usia 2 tahun, jari -jari tangan sudah pintar scroll keatas dan kebawah buat cari channel youtube yang disukai ataupun main game kesukaan.

Tak terkecuali anak pertama saya, namanya iman, setiap hari selalu pakai hape untuk buka youtube. Saya sendiri sebenarnya lebih senang melihatnya bermain puzzle daripada gadget, tapi karena dari awal sudah dikenalkan gadget, jadi susah untuk langsung memisahkannya. Perlu waktu dan niat yang sungguh-sungguh dari kita sebagai orang tua.
 

Iyaa, harus sungguh-sungguh, jangan seperti saya yang terkadang tiba-tiba berubah menjadi Momster baik hati bagi iman, karena tiba-tiba memberikan dan menyuruhnya main hape demi kepentingan saya sendiri. Disaat saya asyik menikmati acara tv kesukaan, saya berikan hape kepadanya agar remote tv diserahkan dan channel aman tidak berganti. Disaat saya sedang ingin pergi keluar rumah dan memang sebaiknya dia tidak ikut, maka saya berikan dia hape agar berhenti merengek ikut. Dan masih banyak hal-hal remeh seperti itu yang saya selesaikan dengan memberikannya hape. Daaan, karena itulah sampai sekarang saya belum berhasil memisahkannya dengan gadget. Ada juga yang sering seperti itu? 




Padahal, kalau kita sebagai orang tua mau mengenalkan, ada permainan yang lebih seru lho untuk mereka. Adalah Puzzle, k
ata puzzle sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya teka-teki atau bongkar pasang. Sesuai namanya, puzzle adalah permainan bongkar pasang untuk menyatukan suatu gambar atau pola tertentu. Ajak anak untuk membeli puzzle dan biarkan ia sendiri yang memilih gambar, warna, dan bentuk sesuai kesukaannya, agar ia merasa senang memainkannya.

Puzzle Huruf Kesukaan Iman

Puzzle Boboi Boy Kesukaan Iman

Setiap puzzle pun berbeda tingkat kesulitannya, semakin kecil atau banyak kepingan puzzle-nya, maka semakin tinggi tingkat kesulitannya. Untuk awal bermain, lebih baik pilih yang kepingan puzzle-nya besar atau sedikit, karena akan lebih mudah untuk menyusunnya. Apabila sudah bisa menyusunnya secara tepat dan cepat, maka tidak ada salahnya Ayah Bunda membelikan puzzle lagi dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

BEBERAPA MANFAAT BERMAIN PUZZLE


💌 Melatih Konsentrasi dan Kesabaran Anak

Dengan bermain puzzle, anak akan dituntut untuk menyatukan kepingan puzzle sesuai kotak yang disediakan. Dengan begitu anak memerlukan konsentrasi dan kesabaran sehingga bisa menyelesaikan puzzle tersebut.


💌 Melatih Koordinasi Mata dan Tangan Anak


Dengan bermain puzzle, secara otomatis akan meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Dengan gambar, bentuk, dan warna yang berbeda maka anak akan menggunakan konsentrasi dan gerakan secara bersamaan.


💌 Problem Solving


Dan bermain puzzle juga akan membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Sang anak akan terus berpikir dan berusaha dari berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan kepingan-kepingan puzzle tersebut hingga membentuk gambar. Dengan begitu, anak akan merasa memiliki tujuan. Dan akan berusaha mencapai tujuan tersebut untuk kemudian menjadi kebanggaan tersendiri untuknya.





Itulah beberapa manfaat bermain puzzle bagi anak. Semoga bermanfaat yaa.
Ayo Bunda, ajak anak main puzzle! Hmm, ada berapa koleksi puzzle yang dimiliki anak dirumah, dan seberapa sering menemaninya bermain puzzle? Sharing Yuuk :) 

Salam,
6 komentar on "Ayo Ajak Anak Bermain Puzzle"
  1. Puzzle bisa jadi salah satu permainan yang menyenangkan bagi anak-anak. Biasanya anak-anak saya main puzzel begini saat di sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan anak baru tahun ini akan masuk Tk, jadi selama ini main puzzle nya dirumah :)

      Hapus
  2. Wuaaa... Sama kayak anak kedua ku ini, suka sama boiboy,
    Tp dia masih belum tertarik main puzzle.. hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii, toss dulu :)
      Lama-lama bakal tertarik juga, karena nyatuin kepingan puzzle itu hal yang menantang bagi para bocah :D

      Hapus
  3. Wah senangnya Iman main puzzle..Memang bagus manfaat puzzle ini untuk anak. Apalagi makin nambah tingkatannya makin tinggi kadar kesulitannya.Kalau anak-anakku sudah enggak main puzzle lagi Mbak, tapi dulu suka juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, iman seneng, bermain sambil belajar jadinya :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature