Yang Wajib Tersedia Di Rumah Ketika Si Kecil Memiliki Riwayat Kejang Demam

on
Kamis, 28 September 2017


Hai Bunda, kali ini saya mau sharing pengalaman anak pertama saya yang punya riwayat kejang demam niih. Ada yang belum tau apa itu Kejang Demam? Jadi kejang demam adalah kondisi dimana badan anak mengalami kejang-kejang akibat suhu tubuh yang naik secara drastis dan mendadak. Biasanya kejang demam ini terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun.

Anak  saya pertama kali mengalami kejang demam di saat usianya 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan. Dan itu pengalaman pertama yang sangat mengerikan bagi saya. Terlebih kejang demam itu datang untuk pertama kalinya. Beruntungnya pada saat kejang demam itu terjadi, anak sedang ada dalam gendongan saya. Sehingga saya langsung mengetahuinya dan langsung membawanya ke Rumah Sakit yang berada di seberang tempat tinggal saya saat itu. Padahal saat itu posisi si kecil sudah saya kasih penurun panas lho. Akibatnya, sampai sekarang pun saya masih suka parno kalau si kecil demam.

Ketika kejang demam saat itu, langsung dibawa ke Rumah Sakit? Tanpa ada pertolongan pertama? Iyya, waktu itu saya hanyalah ibu muda yang bodoh dan nggak tau harus melakukan apa selain membawanya langsung ke UGD. Akhirnya semenjak kejadian itu, saya jadi tau apa saja yang harus saya siapkan dan harus saya miliki di rumah apabila mempunyai anak yang memiliki riwayat kejang demam seperti itu.

Gejala Kejang Demam

Sesuai pengalaman saat anak saya mengalami kejang demam, gejala yang dialaminya sebagai berikut :
  • Lengan dan kaki bergerak kaku dan tidak terkontrol
  • Gigi atas dan gigi bagian bawah saling beradu (disaat kejang demam terjadi, usahakan masukkan sendok ke mulut si kecil, hal itu bertujuan agar lidahnya tidak terluka kena gigitan)
  • Bola mata menatap keatas
  • Mulut berbusa
  • Kehilangan kesadaran 

Obat Yang Harus Tersedia Di Rumah

Karena memang apabila sudah sekali anak mengalami kejang demam, nggak menutup kemungkinan kejang demam tersebut akan kembali hadir sampai usianya 5 tahun. Jadi sebaiknya apabila kita memiliki anak dengan riwayat kejang demam seperti itu, dirumah kita wajib memiliki persediaan obat berikut :


1. Penurun Panas
Obat penurun panas ini memang wajib tersedia di rumah, kalau untuk anak saya, pilihan jatuh kepada Sanmol syrup. Selain itu rekomendasi dari dokter, alhamdulillah cocok buat anak saya. Obat itu nggak pernah kosong di rumah. Kalau sudah habis atau sudah terbuka lebih dari sebulan, maka saya akan membeli lagi yang baru di apotek. Apabila ingin membeli obat penurun panas ini pun tidak diwajibkan memakai resep dokter. 




2. Cegah Kejang
Obat cegah kejang yang saya sediakan untuk si kecil adalah Stesolid. Berbeda dengan Sanmol, apabila ingin membeli obat ini di apotek, kita wajib memiliki resep dari Dokter. Obat yang satu ini nggak pernah kosong dirumah, bahkan hingga sekarang. Jadi obat ini wajib diberikan kepada anak saya apabila suhu sudah mencapai 38 derajat. Kenapa harus 38, nggak menunggu sampai 39 atau diatasnya? Karena pengalaman kejang demam yang dialami anak saya disaat suhunya 38,5 derajat. Sebab kemampuan otak anak merespon demam tubuhnya berbeda-beda, sehingga berbeda pula dalam pemberian obat cegah kejangnya.




 
3. Termometer
Termometer jenis digital ini paling banyak digunakan oleh para bunda.Selain penggunaannya yang cukup mudah, harganya juga sangat terjangkau. Meskipun si kecil tidak mempunyai riwayat kejang demam, benda ini tetap wajib tersedia di rumah yaa.


4. Alat Kompres
Kalau saya pribadi lebih sering menggunakan air hangat untuk mengompres si kecil yang sedang demam daripada harus menggunakan alkohol ataupun bye-bye fever. Jadi sapu tangan dan baskom kecil khusus saya sediakan untuk kompres. Meskipun saya juga sedia bye-bye fever, tapi cenderung lebih nyaman menggunakan air hangat. Karena kalau pakai bye-bye fever, si kecil suka kaget saat ditempelkan.




Sementara bagi saya, empat item diatas tersebut yang benar-benar wajib tersedia dirumah. Satu aja nggak ada, saya sudah heboh karena saya masih parno dan trauma terhadap kejang demam yang pernah dialami oleh si kecil.

Anak bunda ada yang punya riwayat kejang demam juga?
Share yuuk, because share is care :)
11 komentar on "Yang Wajib Tersedia Di Rumah Ketika Si Kecil Memiliki Riwayat Kejang Demam"
  1. Mba dari yang pernah aq baca katanya malah klo kejang jangan masukin benda apapun k dalam mulut karena dapat menghambat pernafasan anak dri mulut. Tpi skrg jd ga tau yang benernya kyak apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii, saya disuruh dokternya mbak, buat cegah lidahnya terkena gigitan :( Semoga nggak terulang lagi deh kejang deman\m anak saya mbak, parno banget :(

      Hapus
  2. mba kalau yang aku tahu jangan sendok lebih baik seperti handuk, saputangan gitu mba agar tidak melukai katanya sih begitu CMIIW semoga anak2 kita sehat y mba :)
    dirumah aku lagi pada habis ini obat jadi keingetan buat sedia setelah baca ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bener..lebih bagusnya handuk kecil atau sapu tangan gitu ya..Cuman waktu itu kebetulan yang kepikiran sendok kecil, jadi dah pakai sendok mbak...hihihi
      Amin mbak, semoga anak-anak kita semua sehat selalu :)

      Hapus
  3. Anak2ku pernah kejang. Si kaka pas umur 4 bulan, tp skr udh 5 thn g prnh keulang sih. Adeknya baru aja agustus kmrn kejang pertama kali, di umur 1.5 thn. Yg bikin aku panik luarbiasa mba, itu kita dlm perjalanan liburan. Dari banda aceh, kita mau balik k medan, naik mobil malam2. Di perjalanan, kita ngelewatin hutan kiri kanan, dan di situ si kecil kejang2. Omg, ga ada siapapun, cuma hutan, tp Tuhan memang baik. Kita ngeliat ada rumah, dan ternyata ownernya bidan. Pertolongan pertama dari dia.

    Sejak itu aku takut kalo anak sedikit panas. Aku beneran lupa, kalo aku sendiri punya riwayat kejang pas kecil dulu. Jd sbnrnya kemungkinan besar bakal nurun ke anakku. Eh bener.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuh mbak, I kknow you feeling...Pasti dag dig dug banget ya :( Tapi Tuhan memang Maha Baik, selalu ada pertolongan disaat kita sendiri bingung mau minta sama siapa ya..

      Semenjak anakku pernah kejang begitu, kemanapun kalau pergi jauh aku nggak pernah lupa bawa sanmol sama stesolid mba..
      Semoga anakku kejangnya nggak terulang lagi..

      Dan semoga anak-anak kita semua selalu sehat :)

      Hapus
  4. Alhamdulillah, anak-anak di rumah gak punya riwayat kejang. Tapi anak kawan di Medan sini ada yang punya riwayat kejang. Kata dia, selalu sedia jeruk nipis di rumah. Kalau anaknya pas kejang, dikasih perasan jeruk nipis di mulut anak. Entah fungsinya buat apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah deh mbak, kalau punya anak dengan riwayat kejang bawaannya parno muluk..
      Wah, saya baru denger tuuh mbak, wajib googling niih manfaat jeruk nipisnya..

      Hapus
  5. Kebetulan kalau adik saya demam ibu selalu beli Sanmol syrup, berasa cocok aja kalau pakai ini. Adik panasnya pasti turun. Makasih sharingnya mbak

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang cocok ya sama syrup sanmol ya, mbak. Semoga anak-anak selalu diberi kesehatan :)

      Hapus
  6. ijin bookmarks ya mbak. Keponakan saya di rumah beberapa hari ini sering kejang2 dan panas dingin. Udah di bawa ke rs, sembuh. 2 hari kemudian sakit lagi.

    Terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature