Persiapan Menjelang Kelahiran Si Kecil

on
Selasa, 05 September 2017
Pict Credit

Hai Bunda, adakah yang sedang dalam masa kehamilan saat ini? Terlebih jika memasuki masa kehamilan yang sudah semakin dekat dengan hari perkiraan lahiran, tentunya ada beberapa hal yang perlu kita siapkan agar kelahiran si kecil nantinya lancar tanpa suatu halangan yang berarti.

PERSIAPAN MENJELANG PERSALINAN

Dokter dan Rumah Sakit
Hal ini termasuk bekal yang utama saat masa kehamilan. Jauh sebelum hari kelahiran, ada baiknya kita sudah memiliki pilihan dimana kita akan melahirkan dan dokter mana yang kita pilih untuk membantu proses kelahiran tersebut. Kita juga perlu menanyakan fasilitas ataupun persyaratan di rumah sakit tersebut, terlebih jika kita memiliki rencana melahirkan menggunakan fasilitas BPJS ataupun jaminan fasilitas kesehatan lainnya. Supaya ketika sudah tiba saatnya, kita tidak disibukkan oleh urusan yang sedikit ribet akibat dadakan. Jangan lupa juga untuk menanyakan perkiraan biaya yang dibutuhkan, supaya kita bisa prepare dana tersebut.

Peralatan Si Kecil
Sebelum bayi didalam perut dilahirkan, siapkan kebutuhan-kebutuhan untuknya antara lain seperti :
  • Baju, popok kain, gurita, topi, selimut, sarung kaki dan tangan.
  • Serta kebutuhan penunjang lainnya seperti sabun bayi, minyak telon, baby oil, dan bedak bayi.
Meskipun kebanyakan Rumah Sakit sudah menyediakan itu semua, tetapi akan jauh lebih nyaman apabila kita sendiri yang membeli, memilih, serta menyiapkannya. Dan semua peralatan tersebut akan lebih praktis apabila kita tempatkan di sebuah tas bayi. Ketika waktu melahirkan sudah tiba, sang suami akan lebih mudah untuk membawa tas bayi tersebut tanpa kebingungan apa saja yang harus dibawa karena sudah kita siapkan di hari-hari sebelumnya.
 
Peralatan Sang Ibu
Akan terasa lebih nyaman ketika sudah tiba waktunya untuk melahirkan, kita sudah mempunyai bekal berikut :
  • Baju ganti atau baju daster, akan lebih mudah digunakan setelah melahirkan.
  • Pakaian dalam dan bra khusus menyusui, akan sangat membantu saat kita gunakan pasca melahirkan.  
  • Pembalut khusus setelah melahirkan, setidaknya kita butuh menyiapkannya 2 sampai 3 bungkus karena harus menggantinya 1 - 2 jam sekali.
  • Minyak oles, bisa kita gunakan untuk memijat atau sekedar mengoles ringan mengurangi rasa nyeri daerah betis kaki, pinggang, atau tangan.
  • Peralatan mandi, akan lebih nyaman apabila kita membawa milik dan pilihan kita sendiri untuk digunakan di rumah sakit.
Seperti peralatan sang bayi, peralatan Ibu pun akan lebih praktis apabila ditata rapi di dalam tas. Sehingga apabila waktu melahirkan sudah tiba, sang suami bisa membantu membawanya saja tanpa harus pusing memikirkan apa saja yang harus dibawa karena sudah kita siapkan di hari-hari sebelumnya (karena suami sudah pusing duluan dan akan lebih panik jika istrinya sudah tiba waktunya lahiran, hehehe).

Orang Terdekat Yang Menemani
Sebelum tiba saatnya melahirkan, kita juga sudah memilih siapa saja yang akan menemani saat proses persalinan. Kalau pengalaman saat lahiran anak pertama, saya hanya mau ditungguin oleh suami dan kedua orang tua saja, selebihnya diberikan kabar setelah proses melahirkan sudah selesai. Untuk lahiran anak kedua kali ini, pilihan orang terdekat yang menemani tetap sama, ditambah satu personil lagi yaitu si kakak (*siapa cobaak yang tanya *maapkeun *nyengiir).
Pilihlah orang-orang terdekat yang bisa membuat kita nyaman saat menemani dari masa kontraksi sampai lahiran.

Konsumsi
Jangan sampai orang-orang terdekat termasuk kita sendiri kekurangan stamina akibat kurangnya bekal makanan dan minuman yang dibawa. Khusus yang ini jangan disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya ya, bisa-bisa sudah expired ketika dibawa ke rumah sakit,hehe. Kita bisa minta tolong suami untuk membelikan makanan dan minuman ketika kita baru masuk ke ruangan atau ketika masih masa kontraksi.

Nama Yang Indah Untuk Si Kecil
Ini saya letakkan pada point yang terakhir, walaupun sebenarnya ketika usia kandungan 6 bulan dan sudah melakukan USG jenis kelamin, kita sudah pilah-pilih nama untuk si kecil. Tetapi setelah proses kelahiran berjalan normal dan selamat, disaat itulah kita baru memberikan nama yang benar-benar sudah kita yakini. Nama adalah do'a, maka dari itu berilah nama dengan nama yang baik, bukan nama yang hanya sekedar bagus dan keren untuk diucap.

Terimakasih sudah mampir, semoga tulisan ini berguna yaa buat semua teman-teman bumil :)
10 komentar on "Persiapan Menjelang Kelahiran Si Kecil"
  1. lengkap banget peralatannya mbaa...semoga lancar semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii, iyya niih mbak. Amiin, terimakasih doanya :)

      Hapus
  2. Iya bener banget...
    Dulu anak pertama, aku agak oon...berangkat ke RS minim persiapan. Akhirnya apa2 beli di RS..jatuhnya mahal. Bener, mending disiapin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah, itu dia mbak, mahaal nya itu lho bisa 2x lipat yaa... :D

      Hapus
  3. sama setelah mengetahui jenis kelamin, aku dan suami sharing nama untuk bayiku. Aku dan suami urun nama dan kemudian disatukan. Pas anak ke-dua lahir, otak atik nama masih berlanjut di kamar bersalin, hehehe. Lucu dech, karena paginya harus daftar bpjs jadi nama harus fix dan benar-benar dipikirkan, karena sekali lagi ya, nama itu doa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, seru ya kalau sudah pilah pilih nama buat anak..
      Wah,lebih seru lagi tuh pengalaman cari nama untuk anak keduanya :D

      Hapus
  4. Wah aku belum kepikiran melahirkan gimana.. malah mikir pasca melahirkan muluk wkwkwkw....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kalau pasca melahirkan banyak buanget yang harus dipikirkan emank mbak :D

      Hapus
  5. bener mak, persiapan begini kudu disiapin sedari masuk trimester akhir + langsung packing biar gak rempong klo tetiba kudu lahiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya niih mak, jangan sampai rempong gegara beginian yaa. Mikirin mau ngelahirinnya aja uda rempong :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature