Jangan Cemas Bunda, Dia Sedang Bermain Sambil Belajar!

on
Senin, 03 Juli 2017
Abaikan hasilnya, yang penting usahanya :D


"Sampai kapan mau kerja diluar rumah?" 

"Sampai kapan anak mau diurus sama orang lain?"

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang cukup dijawab dengan senyum dan tawa kecil saja.


***
Alhamdulillah, saat ini usia Iman sudah 3y5m (tiga tahun lima bulan) dan inshaAllah sebentar lagi sudah mau jadi seorang kakak. Sudah sejak usia 1 tahun saya titipin sekolahin dia di DayCare yang letaknya nggak begitu jauh dari rumah. Bukan karena nggak mampu ngejaga ataupun ngerawat, tapi karena saya dan suami sama-sama bekerja diluar rumah.




"Terus di DayCare Iman ngapain aja seharian gitu? Dikasih makan nggak?"
Lucuuk ah pertanyaannya. Jawabnya cukup nyengir lebar aja yaa :D


Waktunya Belajar Mewarnai

DayCare tempat Iman bernuansa Islami, Owner dan semua pengasuhnya muslim sehingga membuat saya lebih nyaman karena saya sendiri seorang muslim. Alhamdulillah, anak saya diberikan jatah makan setiap harinya. Alhamdulillah anak saya setiap siang diwajibkan untuk tidur siang disana. Selain setiap waktu anak-anak nggak kenal lelah untuk bermain dengan teman-teman sebayanya, disana juga diselingi dengan belajar, dan tentunya bukan belajar serius yang membuat anak terbebani. Jadi, Iman sekarang masih di kelas B, kelas yang isinya anak-anak hebat dan super aktif, hihihi. Oya, jadi di DayCare tersebut dibagi menjadi tiga kelas. Dari kelas A sampai C. Lebih jelasnya boleh baca disini : Qurrata A'yun, Tempat Belajar dan Bermain

Kalau bicara soal aman atau nggak anak ditaruh di DayCare, itu tergantung seberapa selektif orang tua memilih DayCare untuk sang anak. Tapi jangan kategorikan "anak berantem sama temannya" itu dalam pertanyaan aman atau nggak ya. Entah itu rebutan mainan, saling tarik atau dorong, dan keusilan anak lainnya. Namanya juga anak-anak, ngak pernah berantem nggak asyiik, yekaan!? (hahaha). Yang penting ketika itu terjadi sang pengasuh segera membuat mereka berhenti tanpa memberikan waktu lagi supaya tidak ada akibat yang nggak kita inginkan.
Mungkin masih ada yang bingung cara selektif dalam memilih DayCare untuk anak?
Boleh baca disini : Nggak Perlu Takut Sama DayCare

Iman semangat tunjukin hasilnya ke pak guru, sampai berdiri gitu :D

Sekarang, lanjut ke aktifitas di DayCare yaa. Dan kegiatan belajar ini tentunya tidak diikuti oleh kelas A yaa karena masih dibawah umur, hehe. Jadi seperti yang sudah saya ceritakan, selain bermain juga ada jadwal belajar, diantaranya ;
  • Belajar Mewarnai
  • Menyusun Balok
  • Merangkai Puzzle
  • Belajar Mengaji dan sholat
  • Belajar Surat-surat pendek dan do'a sehari-hari
  • Belajar angka dan huruf
  • Menyanyi lagu anak-anak
  • Belajar bahasa inggris warna, nama hewan, dan bagian tubuh
Jadi, Ayah dan Bunda nggak perlu cemas berlebihan, disaat kita sibuk bekerja, anak-anak kita juga sedang sibuk bermain dan belajar dengan teman-temannya. Apabila saat bekerja tiba-tiba kangen pengen lihat anak lagi ngapain padahal nggak bisa keluar kantor, salah satu cara adalah dengan chat sang owner ataupun pengasuhnya untuk minta tolong mengambil foto atau video anak kita saat itu juga (sedikit terobati kan kangennya).
So, jangan takut sama DayCare selama kita sudah benar-benar selektif dalam memilihnya.

Terimakasiih sudah membaca, semoga tulisan ini bermanfaat :)
Salam,
7 komentar on "Jangan Cemas Bunda, Dia Sedang Bermain Sambil Belajar!"
  1. Wah bagus ya bunda daycarenya memakai konsep islami. Suka ma kegiatan anak mendengarkan bacaan doa dan surat. Apalagi di masa keemasan anak pasti lebih cepat menyerap hapalannya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, alhmdllh dipertemukan sama itu daycare :D
      Bener bgt mba, diusia segitu kemampuan anak untuk mengingat sgt hebat :)

      Hapus
  2. daycare nya bagus bgt ya mba.. anak bisa tambah kreatif gitu. kegiatany banyak tapi pasti menyenangkan buat anak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya, alhamdulillah mba :)
      Alhamdulillah kegiatan yang memang disukai anak-anak, inshaAllah seneng mereka nya :D

      Hapus
  3. Wah keren ya mbak, aktivitas anak bisa kita lihat langsung meskipun hanya sekadar fotonya

    BalasHapus
  4. Iya bunda, percayakan dan bantu sesuai waktu, in shaa Allah mereka akan tumbuh dengan maksimal :))

    BalasHapus
  5. Daycare nya bersahabat sama anak ya. Bermacam-macam kegiatan positif jadi kita ga perlu takut nitipin anak di sini. Ada bahasa Inggris, nyanyi bareng, menyusun puzzle dll. Yang paling gemes tuh pas anak kita dijahilin temennya deh, main pukul-pukulan, tarik-tarikan ala anak2 terus pada nangis bareng deh hehehe..nice review mb Sarah :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature