Ayo Bunda, Sayangi Buah Hati Dengan Imunisasi MR (Measles Rubella)!

on
Senin, 24 Juli 2017


Hai Bunda, sudah tau dong ya mengenai kampanye Imunisasi Measles Rubella atau yang lebih mudah disebut Imunisasi MR, imunisasi tersebut akan diberikan pada bulan Agustus dan September di tahun 2017 dan 2018.

Kampanye ini diadakan karena imunisasi MR akan dijadikan bagian dari imunisasi nasional. Imunisasi MR diadakan secara massal di seluruh Indonesia dengan tujuan utama yaitu untuk mencegah penularan virus campak dan rubella. Anak-anak yang wajib mendapatkan imunisasi ini adalah anak-anak dengan usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Nggak perlu was-was masalah kehalalannya, karena dari Kementrian Kesehatan RI sudah menjamin bahwa vaksin MR itu halal lho.

APA ITU MEASLES & RUBELLA ?
Nah, disini ada sedikit penjelasan mengenai virus MR ini. Jadi, Measles (campak) dan Rubella (campak Jerman) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella, yang penularannya bisa melalui pernafasan.

Bunda tau, seberapa bahayakah penyakit Campak dan Rubella ini? 

Penyakit campak sendiri bisa mengakibatkan komplikasi yang serius seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, bahkan yang lebih mengerikan adalah kematian.

Dan rubella, adalah penyakit yang biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Tetapi perlu kita waspadai, mungkin pada anak-anak bahkan orang dewasa penyakit ini tergolong ringan seperti masuk angin atau bengek biasa, padahal apabila penyakit ini tertular kepada ibu hamil yang masih memasuki trimester awal, dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan yang disebabkan oleh virus tersebut dikenal dengan Congenital Rubella Syndrome (CRS) yang meliputi kelainan pada jantung, mata, ketulian, dan keterlambatan perkembangan. Apabila sudah terkena penyakit Rubella tersebut, maka sampai saat ini belum ada obat untuk penyembuhannya. Tetapi kita semua bisa mencegah virus jahat tersebut dengan mencegahnya melalui vaksin MR ini.

Jadi, dengan diberikannya Imunisasi MR kepada anak-anak kita dengan usia yang sudah ditentukan tersebut, kita bukan hanya melindungi anak kita saja. Kita juga membantu dan menyelamatkan ibu-ibu hamil dari kekhawatiran akan tertularnya virus tersebut di awal kehamilan. Kita juga membantu dan menyelamatkan calon-calon manusia yang akan lahir di dunia dari kecacatan atau penyakit CRS yang disebabkan oleh virus Measles dan Rubella tersebut.

KAPAN DAN DIMANA BISA MENDAPATKAN IMUNISASI MR INI?
Kampanye Imunisasi MR diadakan dalam dua fase, yaitu tahun 2017 dan 2018 dengan detail berikut :

Fase Pertama, akan dilakukan di seluruh pulau Jawa pada bulan Agustus - September 2017.

  • Bulan Agustus 2017     = Imunisasi MR akan diberikan pada anak usia sekolah, dimulai dari PAUD, TK, SD/MI/sederajat hingga SMP/MTS/sederajat.
  •  Bulan September 2017 = Imunisasi akan diberikan diluar lingkungan sekolah, dimulai dari posyandu, puskesmas, sampai fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan vaksin kepada bayi atau anak yang belum/tidak bersekolah.

Fase Kedua, Imunisasi MR akan dilakukan di luar pulau Jawa pada bulan Agustus - September 2018.

  • Bulan Agustus 2018     = Imunisasi MR akan diberikan pada anak usia sekolah, dimulai dari PAUD, TK, SD/MI/sederajat hingga SMP/MTS/sederajat. 
  • Bulan September 2018 = Imunisasi akan diberikan diluar lingkungan sekolah, dimulai dari posyandu, puskesmas, sampai fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan vaksin kepasa bayi atau anak yangbelum/tidak bersekolah.

Oya bunda, tidak perlu khawatir mengenai biaya, meskipun vaksin MR ini tergolong mahal dengan harga IDR 160 ribu per 10 dosisnya, vaksin ini diberikan secara Gratis lho kepada seluruh anak Indonesia dengan umur yang sudah ditentukan tersebut. Kenapa bisa gratis? Karena seluruh pembiayaan untuk kampanye imunisasi ini berasal dari dana APBN, APBD tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta sumber uang negara yang sah lainnya.

Gimana bunda, semoga penjelasan diatas cukup membantu ya.
Ayo Bunda, jangan sampai anak-anak kita dengan usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun tidak diberikan Imunisasi MR ya!
6 komentar on "Ayo Bunda, Sayangi Buah Hati Dengan Imunisasi MR (Measles Rubella)!"
  1. Buat ibu hamil juga ada? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya anak usia 9bln sampai 15tahun mba :)

      Hapus
  2. Yuk, kita dukung kampanye imunisasi MR di Indonesia! Orangtua mesti lebih waspada nih efek/ akibat penyakit Campak dan rubella ini ganas juga ya. Mesti disosialisasikan di pedalaman juga supaya terealisasi dan benar2 sukses.

    BalasHapus
  3. Baru pagi tadi posyandu rumahku ngadain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah, kalau di Bali sini masih harus nunggu taun depan mba :(

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature