Memasuki Usia Balita, Kini Si Kecil Sudah Seutuhnya Terbebas Dari Diapers

on
Sabtu, 01 April 2017


Hai Bunda, kali ini saya mau share pengalaman mengenai baby diapers atau yang biasa disebut pampers. Selain susu formula, pampers adalah kebutuhan utama si kecil dari usia bayi sampai batita bahkan balita. Dalam sehari mungkin bisa sampai 3 - 4 kali harus mengganti pampers si kecil. Kalau dihitung dengan rupiah, sudah berapa banyak uang yang digunakan untuk membeli pampers tersebut iyess. :D

Pemakaian pampers yang terlalu sering sebenarnya tidak baik untuk kulit anak, karena tidak jarang menimbukan iritasi atau ruam popok. Meskipun begitu, tidak jarang saya melihat bayi yang usianya belum genap sebulan sudah memakai pampers lho. Etapii itu bukan masalah siih, selama kita mampu membelinya dan nggak mau capek  bangun malam untuk mengganti popok kemudian mencucinya di pagi hari. Hihihi

Untuk pemakaian pampers itu sendiri, sudah sejak usia 2,5 tahun anak saya (Red*Iman) hanya memakainya di malam hari. Dari pagi sampai menjelang tidur, Iman tidak perlu memakainya karena kalau dalam keadaan sadar dia sudah bisa menyampaikan kalau ingin ke kamar mandi. Hal itu adalah pengaruh besar dari sekolahnya yang memang mengajari untuk melatihnya lepas pampers. Meskipun di tahap awal masih sering ngompol sampai akhirnya sudah benar-benar tidak ngompol lagi.

Baca Juga : Ketika Prasekolah Membuat Si Todler Menjadi Mandiri dan Pintar

Sekarang (Tepatnya bulan Februari kemarin) Iman sudah memasuki usia 3 tahun. Dan di usia 3 tahun ini Iman baru benar-benar terbebas dari pampers. Tidak ada toilet training khusus yang saya terapkan padanya. Sebelum tidur, Iman selalu minta dibuatkan susu. Dan saya membiasakannya untuk ke kamar mandi setelahnya baru kemudian tidur. Dan entah bagaimana, ritmik alarm tubuh saya selalu bangun pada jam 12 dan jam 4 malam untuk mengajaknya ke kamar mandi. Seandainya tidak tepat pada jam tersebut, asalkan pada malam hari Iman saya ajak ke kamar mandi sebanyak 2 kali itu sudah sangat membantunya. Alhamdulillah, sampai sekarang alternatif itu berhasil bunda.

Sudah usia 3 tahun baru terbebas dari pampers? Iyya, karena kemampuannya itu baru di dapat saat usianya sekarang. Apabila bunda ingin membebaskan anak dari pampers sejak dini juga bisa, lho. Namun diperlukan peran aktif dan bimbingan dari orang tua, mungkin dengan cara memberikan waktu (jam-jam) untuk ke kamar mandi. Serta dengan cara selalu memberikan sang anak pengertian, apabila ingin buang air kecil harus langsung sampaikan ke ayah atau bunda. Hasilnya mungkin akan terlihat, jadi kita sebagai orang tua bisa menebak waktu ataupun mimik wajah sang anak apabila ingin buang air kecil.

Lalu sebenarnya usia berapa siih batas normal usia anak memakai pampers. Dalam hal ini sebenarnya kita tidak bisa menentukan batasan usia anak karena tingkat nalar dan tingkat emosi sang anak sendiri berbeda satu sama lain. Tapi umumnya, ketika sudah memasuki usia 2 tahun keatas nalarnya akan berjalan, sang anak akan merasa risih yang pada akhirnya akan meminta pampers/celananya dibuka pada saat ingin buang air kecil. Namun pada kenyatannya, pengalaman masing-masing anak akan tetap berbeda-beda. Dalam hal ini peran aktif orang tua sangat diperlukan untuk membantunya terbebas dari pampers.

Sudahkah ayah bunda membantu sang anak untuk terbebas dari pampers? Semoga berhasil yaa :)
Share pengalaman juga yuuk...

2 komentar on "Memasuki Usia Balita, Kini Si Kecil Sudah Seutuhnya Terbebas Dari Diapers"
  1. Pengalaman saya toilet training gemes gemes gimanaa gitu haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gemes-gemess berhasil yang penting ya mbak :D :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature