Si Kecil Sedang Preschool Atau DayCare Siih Bunda? Dikategorikan Keduanya Juga Boleh Lho

on
Kamis, 23 Maret 2017


Tulisan ini saya buat karena beberapa minggu yang lalu, seorang teman ada yang bertanya; "Anak kamu (red*Iman) preschool atau dititipin di daycare siih? Kok aku sering lihat timeline sepertinya Iman sering belajar dan terlihat pintar, bukankah hanya dititipin di DayCare?" Hmm, dikategorikan keduanya juga boleh, lho :D

Pilih yang mana : Ibu yang Baik Atau Karyawan yang Sukses

Jadi sebenarnya, yang dimaksud Preschool dan Daycare itu tentulah berbeda. Preschool atau prasekolah adalah tempat yang dibangun khusus untuk anak berusia 2-4 tahun dengan tujuan mempersiapkan mentalnya sebelum sang anak benar-benar masuk ke Taman Kanak-kanak. Sedangkan DayCare adalah tempat yang dibangun khusus untuk tempat menitipkan anak dari usia sedini mungkin sampai batas sang anak sudah dirasa tidak perlu dititipkan lagi.

Untuk formalitas yang dimiliki pun berbeda, apabila di preschool sang anak memiliki guru, mendapatkan pendidikan formal, menggunakan seragam, dan mengikuti serangkaian kurikulum meskipun sifatnya sangat fleksibel. Tidak halnya dengan DayCare, di DayCare tidak memiliki guru dan tidak menggunakan seragam. Di DayCare, anak juga tidak difokuskan ke pendidikan formal, mereka hanya kenal bermain, atau lebih tepatnya bermain sambil belajar.

Apa siih kelebihan dan kelemahan Preschool & DayCare? Menurut saya pribadi, keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Untuk Preschool, akan memberikan sang anak bekal kesiapan pendidikan dan mental untuk mengantarnya ke jenjang Taman Kanak-kanak kelak. Dan kelebihan DayCare, tentunya sangat membantu para orang tua yang bekerja untuk menjaga anak mereka. Kemudian kelemahannya? Sebenarnya Preschool ataupun DayCare memiliki niat yang sama, yaitu memberikan ilmu dan menjaga sang anak selama berada disana. Jadi, saya rasa kelemahannya tidak sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

*****

Jadi intinya, Preschool dan DayCare itu berbeda ya? Iyya, ayah dan Bunda. Terus kenapa Iman dikategorikan keduanya, Preschool dan DayCare (ini pengkategorian pribadi :D ). Jadi begini, sejak Iman berusia 1 tahun saya sudah mengenalkannya dengan suasana DayCare. Namanya Qurrata A'yun, meskipun itu hanya tempat penitipan anak, tetapi kegiatan sehari-harinya juga membantu melatih mental dan kemampuan sang anak. Ada pelajaran mewarnai, bernyanyi, mengaji, do'a-do'a pendek, serta ilmu-ilmu lainnya yang saya yakin tidak kalah dengan Preschool. Meskipun tidak bersertifikat guru, para pengasuh disana berjiwa guru dan memiliki banyak ilmu untuk dibagikan kepada anak-anak.

Bisa dibaca dulu : Qurrata A'yun, Tempat Bermain dan Belajar

Sudah sejak usia 1 tahun, bunda? Iyya, nggak perlu kaget karena akan lebih kaget lagi kalau mengetahui teman-temannya bahkan ada yang sudah mulai dikenalkan dengan susasana DayCare saat baru berusia dibawah 1 tahun.
"Kasihan ya, nggak takut bunda anaknya dititipin begitu?"  Pertanyaan sejenis itu sudah bosan saya dengar (he-he-he). Mau tau jawaban saya?

Ini jawaban Saya : Ketika Prasekolah Membuat Anak Menjadi Mandiri dan Pintar  

Cukup segini saja dulu, semoga puas ya dengan jawaban saya.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature