Memasuki Masa Prasekolah [ Bertambah Usia, Juga Bertambah Pintar ]

on
Minggu, 26 Februari 2017
He's My Sunshine, 3 yo.


Bulan ini, tepatnya tanggal 22 Februari 2017 genap 3 tahun sudah usiamu nak. Segala do'a - do'a terbaik bunda panjatkan kepada Allah untukmu. Bunda sudah sangat mencintaimu,  sebelum dapat melihat dan menyentuhmu karena kamu masih di dalam perut. Bahkan sebelum jantungmu berdetak, bunda sudah sangat menyayangimu. Semoga do'a - do'a baik semua orang yang menyayangimu dikabulkan oleh Allah.

Happy BirthDay to you, Happy BirthDay to you. Happy BirthDay - Happy BirthDay, Happy BirthDay My Sunshine...

******


PERSIAPAN ACARA ULANG TAHUN
Sekitar satu bulan sebelum hari ulang tahun si kecil (red* Iman), saya sudah mulai mengatur planning untuk acara yang akan dirayakan di tempat penitipan sekolah Iman. Dari mulai kartu undangan, souvenir, dan perlengkapan lainnya. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada sebuah tempat makanan cepat saji. Selain lebih simple karena di tempat makan cepat saji tersebut sudah menyediakan undangan, souvenir, dan perlengkapan ulang tahun lainnya, juga karena mengingat status kedua saya sebagai karyawan yang terikat dengan jam kerja sehingga sepertinya tidak bisa untuk menyiapkan semuanya sendiri. Status kedua!? Iyaa, status pertama tetap IRT sejati dong :D 

 




ACARA TIUP LILIN
Acaranya dirayakan di sekolah. Teman-teman Iman kebanyakan masih seusianya semua, jadi maklum fotonya pada berantakan karena pada nggak bisa diam,hehehe. Bersyukur karena acara tiup lilin Iman berjalan dengan penuh kebahagiaan. Senyum dan tawa semua  malaikat - malaikat kecil di ruang kelas itu menambah lengkap kebahagiaan kami. Tahun ini, Iman sudah menginjak usianya yang ketiga, dan ini pertama kalinya saya buatkan acara tiup lilin untuknya disekolah. Jangan salah, Iman sudah sangat mengerti acara ulang tahun lho. Bukan maknanya, tetapi lebih tepatnya bagi dia setiap ada kue tart diisi lilin menyala di atasnya, sudah pasti dia sebut "hepii besdeyy" dan itu artinya dia akan makan kue tart bersama-sama dengan semua temannya di sekolah..he-he-he 




TERIMAKASIH UNTUK SEMUANYA
Acara dimulai sekitar jam 4 sore, dipandu dengan MC acara berjalan lancar. Acara diisi dengan games-games seru yang diikuti oleh beberapa anak yang berani untuk maju. Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, sudah waktunya anak-anak untuk pulang. Iman sangat bahagia mendapat banyak kado dari teman-temannya. Saking tidak sabarnya, sesampainya dirumah semua kado langsung dibuka. Saya sangat berterimakasih untuk semua yang sudah ikut membantu dan berpartisipasi dalam acara syukuran ini, khususnya pada pihak sekolah dan semua teman-teman Iman. Berbagi itu indah, berbagi itu berkah, membuat tawa di bibir anak-anak kecil itu pahala. Semoga anak-anak selalu dalam lindungan Allah SWT dan usia anak-anak kita semua menjadi berkah.



*****
BERTAMBAH USIA, JUGA BERTAMBAH PINTAR
Bagi setiap anak, dengan bertambahnya usia maka bertambah pula kepintaran dan keahliannya. Masing-masing anak memilik kepintaran dan keahlian yang berbeda-beda. Kita sebagai orang tua mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak. Tugas kita lebih kepada mengarahkan, bukan memaksakan. Arahkan saja anak kita sesuai kemampuan dan ketertarikannya pada suatu hoby. Tidak ada anak cerdas dan tidak cerdas mom, yang ada hanya cenderung dominan kearah mana kecerdasannya, dan tugas kita lah untuk membimbingnya supaya sang anak memiliki keyakinan dan keberanian untuk itu.

Perkembangan usia anak dibagi menjadi beberapa tahap :

  •  Masa Bayi (0 - 12 bulan)        : Pada setiap bayi, perkembangannya pun akan berbeda-beda. Bayi memiliki cara yang berbeda dengan kita yang sudah dewasa dalam melihat dunia. Bayi memiliki kemampuan dasar yang sederhana yaitu berinteraksi dan komunikasi dengan kedua orang tuanya. Tidak ada orang lain yang dia kenal selain orang tua. Jadi bersyukurlah bunda, kita bisa menikmati rasanya menjadi seorang Ibu, seseorang yang pertama dikenal oleh anak kita.
  • Masa Toddler (1 - 3 tahun)     : Pada usia toddler atau biasa disebut batita ini, akan mulai tumbuh sifat mandiri, malu, ataupun ragu, biasanya sifat yang ditunjukkan pada usia toddler inilah yang akan menentukan karakter dari sang anak kelak. Pada tahap ini perkembangan sikap dan bahasa sang anak dia pelajari dari lingkungannya, sehingga membuat sang anak menjadi lebih mandiri dan sudah pintar meniru bahasa. Otak anak pada usia toddler sudah tumbuh lengkap mencapai 75%. Tetapi jangan terlalu protektif bunda, karena justru sang anak akan merasa takut dan memiliki perasaan tidak mampu dalam melakukan suatu hal. Biarkan sang anak mengekspresikan dirinya, dan kita bertugas mengarahkannya. Dan pada usia toddler ini, anak akan belajar berpisah dengan orang tuanya dan akan mulai berkomunikasi dengan orang lain, meskipun sang anak masih merasa sedikit cemas.
  • Masa Prasekolah (3 - 6 tahun)   : Nah, sekarang Iman sudah masuk pada tahap ini, dimana pertumbuhan fisik, perkembangan motorik, perkembangan kreatifitas, perkembangan emosi, dan perkembangan sosial akan dia hadapi, dan tentunya dalam pengawasan saya sebagai orang tuanya. Di usia ini anak juga sudah paham betul mengenai gender, dari melihat baju, rambut, ataupun gaya yang berbeda. Tidak ada salahnya kita sebagai orang tua memberi pengertian mengenai sex education dalam batas yang wajar untuk dapat dipahami oleh anak seusianya. Dan untuk penjelasan masing-masing perkembangan, akan saya bahas di tulisan saya selanjutnya. (*maapkeun diburu waktu, he-he-he)
  • Yang terakhir, Masa Sekolah (6 - 12 tahun), Masa Remaja (12 - 18 tahun), dan Dewasa, namun karena Iman belum melewati masa-masa tersebut, jadi penjelasannya ditunggu di tulisan berikutnya juga ya, he-he-he. 
Anak bunda saat ini masuk tahap yang mana? :D
Semoga anak-anak kita semua selalu sehat dan melalui semua tahapan dengan baik sampai dia tumbuh menjadi dewasa. (Amin)

Udah siih, segitu aja. Intinya cuman mau bahas ultah Iman dan tahap perkembangan anak :D Terimakasih sudah mampir.



*Bali, saat senja menyapa :)  
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature