Ketika Pra Sekolah Membuat si Todler Menjadi Mandiri dan Pintar

on
Jumat, 27 Januari 2017
 
His Name is Iman, 3 yo


Tepat bulan depan, si kecil genap berusia 3 tahun. Dan sudah hampir 2 tahun pula saya titipkan sekolahkan dia di Qurrata A'yun. Lebih tepatnya pra sekolah.
Sekolah? Iyya :D


Baca dulu : Qurrata A'yun, tempat bermain dan belajar


Apakah ada juga yang anaknya di sekolahkan seperti itu. Tenang bunda, semua akan baik-baik saja dan anak kita akan selalu sama pintar dan lucunya dengan anak-anak lainnya yang dijaga 24 jam penuh oleh ibunya di rumah. Dan menurut pengalaman saya, anak yang di pra sekolahkan seperti itu akan lebih cepat mandiri. Ya meskipun akhirnya dirumah akan sedikit manja kepada orang tuanya terutama ibu. Hal itu disebabkan karena disekolah si anak sudah merasa menjadi mandiri dan pintar sehingga saat dirumah mereka ingin dimanja dan dipuji oleh kita sebagai orang tuanya.

Terus ada yang pernah "dipuji" oleh para tetangga karena katanya tega menitipkan anak seperti itu? Ahh, bersyukur saja atas pujian itu. Hanya kita yang tau keadaan dan kebahagiaan keluarga kita. 

Disaat anak saya yang usianya belum genap 3 tahun ini, dia sudah hafal beberapa hal ;

  • Lagu-lagu anak. Ya, saya sebagai orang tuanya hanya ingin dia mengetahui lagu yang liriknya murni untuk anak-anak.
  • Menghafal huruf A-Z 
  • Berhitung angka 1-20, angka selanjutnya masih agak berantakan urutannya.
  • Do'a sehari-hari (do'a mau makan, do'a mau tidur)
  • Surat-surat pendek (An-Nas, Al-Ikhlas, A-Falaq, Al-Kautsar)
  • Gerakan sholat, namun bacaannya belum sangat fasih 
Hanya itu? Iyya hanya itu, tapi saya sangat bangga, bahkan semua hafalan tersebut sudah mulai dia kuasai sejak usianya menginjak 2,5 tahun. Bagi saya itu adalah suatu kebanggan. Oya, satu lagi dan yang ini pasti. Anak yang di pra sekolahkan lebih terbiasa untuk bangun dan mandi pagi lho. Mau nggak mau alarm tubuh mereka sudah tersetting untuk hal tersebut. Jadi disaat sudah waktunya masuk sekolah TK/SD kita tidak susah melatihnya bangun pagi kan! 

Dari ilmu dan kasih sayang yang anak saya dapat dari day care sekolah tersebut, sudah sangat terbukti bahwa tidak ada salahnya menitipkan mereka di sekolah. Mereka sama seperti anak rumahan lainnya yang mampu bersosialisasi dan tumbuh menjadi anak pintar dan baik. Namun kita harus tetap selektif memilih dimana sang anak akan dititipkan. Jangan sampai kita salah pilih, dan membuat kita akhirnya takut untuk menitipkan anak.

Baca Juga :Siapa bilang menitipkan anak di Day Care itu menakutkan

Apapun yang seorang Ibu lakukan, pastilah itu yang terbaik yang diharapakan untuk anaknya. Dan jangan bersedih apabila kita harus menitipkan anak kita di pra sekolah seperti itu. Dan kita sebagai orang tua yang menitipkan anaknya seperti itu, hanya kalah di waktu saja. Waktu sangat berharga tetapi berkurangnya waktu bukan berarti kita mengabaikan waktu tersebut dengan hal yang sia-sia.

Bahagialah bunda, ketika kita sibuk bekerja, anak kita sedang sibuk belajar hal-hal baru di sekolahnya, para pengasuhnya sedang sibuk mengajarinya ilmu-ilmu baru. Sore hari ketika menjemputnya, dia akan berkata "Bunda, Iman sudah besar, bisa berhitung dan bernyanyi"  seraya tampil didepan kita dengan bangganya. Tidak perlu merasa bersalah,  karena Allah lah yang sudah mengatur segalanya.

Mau jadi Ibu yang baik atau Karyawan yang sukses? Baca Disini :D  




10 komentar on "Ketika Pra Sekolah Membuat si Todler Menjadi Mandiri dan Pintar"
  1. wah udah pintar dan mandiri anaknya mba...anak sy umur 3 tahun pernah masuk play group tapi ga betah dan berhenti..umur 4 tahun masuk PAUD juga gitu mungkin karena sekalian dititipkan jadi dia bosan dari pagi sampe sore di sana.
    Tahun ini harus TK moga dia betah....tapi dia dititip di rumah neneknya juga sekalian belajar...udah tahu huruf, angka, mengaji dan menggambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya nii alhmdllh mb..
      Waah sudah pintar anaknya mb ya, amiin pasti betah apalagi sama neneknya. Semangat mb Ina, happ happ happ :D

      Hapus
  2. Iman gemesiiin :D

    Salam,
    Rasya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai tante Rasya, makaciiii kecup cium dari Iman :D :*

      Hapus
  3. Enam point di atas itu aku setuju deh mbak, mudah-mudahan iman bisa punya masa kecil yang indah kayak masas kecil kita dulu ya, banyak mainan tradisioanl, dan lagu-lagu yang menyenangkan. :)))

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya betul mbak Oca, Amiin amiin, kita jaga anak kita supaya tetap menjadi anak-anak kecil yang lucu dan menggemaskan. Tidak perlu diajarkan nyanyian orang dewasa bahkan tontonan orang dewasa yang tidak mendidik.

      Hidup dunia anaak :D

      Salam,
      Sarah

      Hapus
  4. Makasih mbak udah sharing hal macam iini, persiapan buat calon ibu kayak aku :D

    Salam,
    Pink

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama ya mbak, bersyukur sekali kalau tulisan ini bermanfaat :)

      Hapus
  5. Iman, nanti kalo udah gede baca blog mama ya, biar Iman tau betapa mama sayang sama Iman <3

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature