Qurrata A'yun, Tempat Belajar dan Bermain

on
Kamis, 06 Oktober 2016

Namanya Qurrata A'yun, adalah sebuah tempat penitipan anak yang berlokasi di Jalan Sudirman Denpasar Bali. Pemilik Qurrata A'yun bernama Ibu Marita Dwi Rachmawati, beliau lahir di Denpasar dan orang tua beliau berasal dari Klaten Jawa Tengah, biasa dipanggil dengan sebutan Bunda Ita. Qurrata A'yun sudah 10 tahun berdiri sejak tahun 2006.Anak-anak yang dititipkan di Qurrata A'yun berjumlah 60 orang. Qurrata A'yun buka dari pagi sampai sore, hanya hari Minggu dan tanggal merah mereka tidak buka.

Di Qurrata A'yun terbagi menjadi tiga ruangan :

1. Kelas A, ditempati oleh anak usia 1 bulan  sampai dengan anak usia kurang lebih 20 bulan. Dan apabila sudah lancar berjalan maka akan dipindahkan ke ruangan lainnya. Karena akan riskan apabila sudah lancar berjalan tetapi masih disatukan dengan para bayi.

2. Kelas B, ditempati oleh anak-anak pindahan dari ruangan satu yang sudah lancar berjalan sampai dengan usia 4 tahun. Hal itu dilakukan agar sosialisasinya lebih menyenangkan karena seumuran.

3. Kelas C, ditempati anak-anak yang sudah bersekolah TK - SD. Setelah pulang dari sekolah mereka dijemput dan melanjutkan sekolah bermain di Qurrata A'yun.


Anak saya mulai saya sekolahkan di Qurrata A'yun sejak Maret 2015 sampai sekarang. Entah kenapa saya lebih bahagia menyebutnya sekolah daripada harus bilang dititipkan, karena menurut saya dia memang sedang bersekolah dan sekolah nggak melulu tentang teori pelajaran. Sekolahnya anak usia seperti mereka 95 persen adalah bermain. Yap! bermain adalah belajar yang paling menyenangkan bagi mereka, khususnya anak saya. :)

Moment Saat Mendengarkan Dongeng

Menonton Bersama

Banyak yang bilang, "Kok tega sih nitipin anak kayak gitu. Anak sebanyak itu memangnya nggak pusing apa ngurusnya. Emang anak kamu ke-urus disitu". Kalimat itu sudah nggak asing buat saya. Sebenarnya nggak ada yang salah menitipkan anak, selama kita sebagai orang tua sudah selektif dalam memilih. Di Qurrata A'yun banyak pelajaran yang anak saya dapat.

Alhamdulillah anak saya ke-urus banget disitu. Makan pun anak saya termasuk banyak disitu. Anak saya saat ini berusia 2,7 tahun dan sudah lancar membaca doa Mau tidur, doa Mau makan, dan surat Al-Fatihah. Anak saya juga sudah hafal huruf A-Z dan angka 1-10, serta semua lagu anak-anak. Dan itu adalah suatu kebanggan dan kebahagiaan tersendiri buat saya pribadi. Anak saya hafal semua itu bukan karena disuruh hafalan apalagi sampai dipaksa. Itu semua hanya karena setiap hari dia mendengarkan semua itu.
Lagi Diatur Duduknya persiapan makan siang
Oya, disini kita sebagai orang tua hanya menyiapkan susu dan pampers serta peralatan mandi, untuk makan sudah disediakan oleh Qurrata A'yun. Tapi bukan berarti kita sebagai orang tua tidak tahu mengenai menu makan harian, karena sejak awal ditipkan kita sudah diberikan buku penghubung. Di buku tersebut berisi menu makan harian, aktifitas harian, serta evaluasi bulanan anak. Kalau kita ingin medaftarkan anak disini, harus daftar dulu ya mom. Karena kalau sudah full biasanya pihak Qurrata A'yun tidak bisa menerima.

Dunia anak adalah dunia imajinasi dan bermain, jadi semua anak-anak imajinasinya sangat tinggi. Kebahagiaan anak adalah ketika mereka memiliki banyak teman bermain tanpa ada omelan dari orang tua yang melarang ini-itu. Bisa jadi cibiran orang tentang penitipan anak itu lain dengan perasaan anak-anak yang dititipkan itu sendiri. Setiap pagi mereka senang bertemu dengan teman-teman bermainnya. Begitulah suasana di Qurrata A'yun, banyak teman bermain yang membuat anak-anak bahagia.

Dan ketika bermain sangatlah wajar ada sebuah pertengkaran. Contohnya anak saya, sudah beberapa kali bertengkar dengan temannya. Tinggal bagaimana pengawasan dari para mbak pengasuh untuk mencegah hal-hal yang fatal dan tidak diinginkan. Dan saya pribadi sangat terbantu dengan adanya Qurrata A'yun, karena Qurrata A'yun adalah rumah kedua bagi anak saya.

Baca Juga : Ibu yang Baik atau Karyawan yang Sukses

Intinya setiap orang tua di dunia ini pasti selalu berusaha memberikan dan menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Hanya saja terkadang setiap orang tua punya cara dan sudut pandang yang berbeda.

Udah siih, segitu dulu bagi-bagi ceritanya. Terimakasih sudah sempetin mampir :)
 
 
4 komentar on "Qurrata A'yun, Tempat Belajar dan Bermain"
  1. Makasih udah share hal yang bisa bikin mataku melek mbak, mudah-mudahan mereka tumbuh soleh dan solehah, aamiin

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya mbak, amiin amiin semoga tumbuh menjadi anak-anak yang baik :)

      Salam :)

      Hapus
  2. Assalamualaikum mb, saya mau tanya info dan pengalaman menitipkan anak di tpa Qurrota a'yun. Apakah anak mb masih di tpa ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam mba, iya boleh. Anak saya sampai saat ini masih di Qurrata A'yun :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature