Merayakan Ulang Tahun Anak, Perlu atau Tidak?

on
Jumat, 16 September 2016



Hallo Mom !

Sebentar lagi usia anakku genap 3 tahun, yeay! Waktu itu memang singkat, rasanya baru kemarin aku beli tart mini buat si kecil sebentar lagi harus beli tart lagi. Rencana nya sih tahun ini pengen buat pesta ulang tahun  syukuran kecil-kecilan gitu di Day Care. Kok di daycare? Yaelaah mau dimana lagi, teman paling banyak yang menemani hari-hari anakku ya di daycare, karena disanalah tempat dominan bermain dan belajar anakku.

Disaat usia 1 dan 2 tahun, cukup tart mini dihiasi lilin-lilin kecil dan sebuah kado buatnya. Dan di usia nya yang akan menginjak 3 tahun ini aku ingin memberikan pesta kecil buat pangeran kecilku ini :)
 
Sebenernya usia berapa siih mom yang wajar untuk merayakan ulang tahun anak. Banyak yang bilang buang-buang uang alias wasting money kalau masih kecil dirayakan, karena belum mengerti. Kalau menurut aku siih tinggal melihat kondisi ekonomi orang tua. Kalau memang kondisi sedang tidak mendukung, ya cukup dengan tart mini saja. Tetapi kalau memang ada lebih, kenapa ngaak, bukan wasting money kok tapi lebih ke sedekah. Iya nggak? Iya dong :D


Baca Juga : Tart Mini untuk 2 years old.

 
Etapii, siapa bilang anakku belum mengerti acara ulang tahun, secara setiap bulan selalu ada yang merayakan ulang tahun di daycare. Oya, jumlah anak yang dititipkan di Daycare itu jumlahnya ada 60 anak lho. Bisa dihitung kan dari 60 dibagi jumlah bulan (12), nggak menutup kemungkinan di bulan yang sama ada beberapa yang ulang tahun, meskipun nggak semua anak selalu dirayakan oleh orang tuanya. Intinya dirayakan dengan pesta atau nggak, sama-sama berkahnya, berkah umur panjang dan limpahan do'a dari orang-orang terdekat.

Sebenernya pesta ulang tahun nggak selalu harus mengeluarkan uang banyak, mewah tidak harus mahal. Dan  sudah semestinya setiap category kita budget dan planningkan di awal. Intinya merayakan ulang tahun dengan pesta bukanlah suatu kewajiban orang tua, tetapi tidak ada salahnya 3 atau 5 tahun sekali kita berikan kejutan pesta ulang tahun buat buah hati kita. Dan kado terindah buat sang buah hati adalah perhatian dan  kasih sayang yang tulus dari kita sebagai orang tua.

Bagaimana? Sependapat kan bahwa pesta ulang tahun untuk anak bukan wasting money, melainkan sedekah agar umur anak menjadi berkah :)

Tapi kita harus tetap menanamkan pengertian kepada sang anak, bahwa ulang tahun itu tidak selalu harus mengadakan pesta. Bersyukur adalah yang utama. Dan jangan sampai pesta ulang tahun dijadikan tradisi setiap tahunnya. Kalau setiap tahun minta diadakan pesta bisa habis uang tabungan kita nak *eh
Cukup berkumpul dan merayakan dengan keluarga kecil kita, sepertinya sudah sangat bahagia..hehe


 

Baca Juga : Anak Usia Toddler terkadang bisa membuat para Bunda menjadi Momster
2 komentar on "Merayakan Ulang Tahun Anak, Perlu atau Tidak?"
  1. Dulu aku ngerasa perlu, tapi sekarang udah enggak, karena umurnya berkurang, kenapa mesti dirayain :(

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, iya bener juga. Dirayakan ataupun tidak, semoga umur dan usia mereka berkah ya :)

      Salam :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature