Stress di tempat kerja!?

on
Rabu, 10 Agustus 2016


Gimana nih, ada yang lagi stres di tempat kerja seperti saya sekarang nggak? :(
Tertekan sehingga hari-hari kerja terasa menyiksa?
Penyebab stres di kantor bisa berbeda-beda. Ada yang akibat menunda pekerjaan, persaingan ketat sesama teman kerja, konflik dengan atasan, bertengkar dengan teman kerja, merasa demotivasi, atau bosan menjadi karyawan namun takut keluar dari pekerjaan sekarang. #Takut gak punya uang lol :D
 
Apapun penyebabnya, Kalian bisa menghilangkan stres di tempat kerja dengan beberapa cara, hayuuk silahkan mau pilih cara yang mana :

1. Bersyukur

Cara pertama untuk mengatasi stres adalah bersyukur. Menurut psikolog Robert Emmons, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis kita sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar. Dengan kata lain, pikiran kita akan positif sehingga yakin bahwa ada jalan keluar dari masalah yang membuat kita stres.

2. Menghela nafas dalam-dalam

Cara lain adalah dengan menghela nafas dalam-dalam lalu buang lewat mulut #ingat lewat mulut ya, buka yang lain #eh.
Tutup mata dan pusatkan pikiranmu pada nafas yang dibuang lewat mulut tersebut. Lakukan aktivitas ini selama 2-5 menit.
Menarik nafas dalam-dalam akan membantu kita meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan fokus pada diri kita.

3. Tertawa

Jika pekerjaan membuat kita stres, tertawalah. Kita dapat memaksakan diri tertawa atau tertawa melihat video lucu di YouTube. Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak kita. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.
Beruntung apabila ditempat kerja, kita punya ruangan sendiri, kita akan nyaman tertawa karena tidak mengganggu orang lain. Bagaimana jika kita tidak punya ruangan sendiri dan ingin tertawa? Tenang, kita bisa melakukannya di toilet, hehehhe.
Lihat diri kita di cermin, lalu tertawa. Di awal-awal tentu kita akan merasa aneh, tetapi apabila sering dilakukan kita akan terbiasa.

4. Mendengarkan musik

Cara lain menghilangkan stres di tempat kerja adalah dengan mendengarkan musik atau lagu favorit kita. Pilihlah musik yang santai dan lembut. Selain itu, supaya tidak mengganggu rekan yang lain, pakai headset saat kita mendengarkan lagu tersebut.
Dengan mendengarkan lagu favorit, kita akan sedikit tenang dan rileks Tapi jangan lama-lama yaaa, biar gak ditegur sama atasan :D

5. Sholat

Jika kalian seorang muslim seperti saya, kalian dapat menunaikan sholat untuk mengatasi stres. Sewaktu sujud, aliran darah ke otak meningkat sehingga otak mendapat suplai oksigen yang cukup. Selain itu, sholat juga akan membuat kita berdoa kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita akan lebih percaya diri karena Allah SWT akan memberikan pertolongan dalam mengatasi rasa stres yang sedang kita hadapi.

6. Istirahat sejenak

Stress bisa saj terjadi karena kita terlalu lelah. Oleh karena itu, lakukan istirahat sejenak dari tugas yang sedang dikerjakan. Biasanya sih kalau sudah begitu, saya tinggal minum kopi dan nyemil-nyemil sejenak.
Kalau ditempat kerja lebih banyak duduk saat mengerjakan tugas kantor, berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Jika sudah tiba waktu istirahat, gunakan semaksimal mungkin, dan jangan memikirkan kerjaan.

7. Curhat kepada teman dekat

Pasti punya dong teman dekat? Kita bisa curhat kepada dia tentang stres yang sedang kita alami. Dengan begitu, kita tidak memendam masalah sendirian dan mungkin saja teman  tersebut bisa memberikan solusi untuk masalah kita. Selain itu, dengan curhat kepada teman, kita akan merasa beban sedikit terlepas dari pikiran sekaligus mencegah berdiam diri yang biasa dimiliki penderita stres.


Apapun pilihannya, semoga kita bisa menghilangkan stress di tempat kerja ya. Bekerja dengan penuh semangat dan bahagia sehingga bisa menggapai cita-cita.
1 komentar on "Stress di tempat kerja!? "
  1. Jenuh itu pasti, capek itu pasti, tapi kalo udah balik bersyukur lagi insya Allah bertahan :D

    Salam,
    Puput

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature