Siapa Bilang Menitipkan Anak di Day Care itu Menakutkan

on
Jumat, 20 Mei 2016
Niatnya menjadi Ibu sepenuhnya, seharian mengurus anak dan rumah, apalagi bisa main bareng setiap hari dengan sang buah hati. Intinya bisa selalu bareng dan monitoring anak seharian deeh :D
Etapii gimana kalau disaat kita menjadi  seorang Ibu, dalam waktu yang bersamaan kita juga bekerja. Nah lhoo...

Setiap keluarga mempunyai cita-cita, jadi sangat wajar apabila Ayah dan Ibu sama-sama bekerja. Kalau masih galau antara kerja dan anak bisa baca disini ya.
 
Suasana di Day Care saat berkumpul mendengarkan dongeng


Kita sebagai Ibu nggak perlu khawatir, nggak perlu ngandalin tetangga, apalagi sampai merepotkan orang tua. Sekarang sudah banyak tempat penitipan anak yang biasa disebut Day Care. Serem ah! Eits nggak semua day care menyeramkan seperti yang kita bayangkan lho mon. Nggak se-tragis berita-berita yang sering kita lihat di televisi juga (*kebanyakan yang diberitakan itu baby sitter rumahannya, bukan Day Care).

Meskipun kita sangat terbantu dengan adanya Day Care, tapi kita sebagai orang tua jangan sepenuhnya menyerahkan anak kita tanpa pengawasan. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus selektif dalam memilih Day Care. Kita harus cermat dalam memilih, selain agar anak kita merasa aman dan nyaman, tentunya agar kita sebagai orang tua bisa bekerja dengan tenang.

Biaya penitipan anak di Day Care menjadi pertanyaan bagi para Bunda. Memang kita sangat terbantu dengan adanya Day Care. Tapi nggak sedikit dari kita yang khawatir mengenai biaya. Banyak yang berfikir jangan-jangan gaji akan habis hanya untuk menitipkan anak di Day Care. Kalau bagi saya selama apa yang anak kita dapat sebanding dengan biaya yang kita keluarkan, why not.

Sebelum memutuskan memilih Day Care, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mom, diantaranya :

  1. Biaya penitipan, tentunya langkah awal yang dipertimbangkan adalah masalah biaya, berapapun itu selama itu masih sebanding dengan apa yang anak kita dapatkan, dan masih dalam angka wajar, kenapa nggak.
  2. Keamanan, nggak mau dong yaa anak kita terancam, apalagi kita lihat di televisi sekarang marak kasus penculikan :( Kudu bener-bener cermat pilih Day Care yang suasananya aman (*Alhamdulillah, Day Care tempat anak saya berada di dalam lingkungan komplek TNI yang menurut saya aman sampai saat ini)
  3. Kebersihan, ini juga nggak kalah penting agar anak kita terjaga kesehatannya. Dari makanan, tempat tidur, sampai kamar mandinya. Sebelum kita mendaftar, ada baiknya kita minta ijin untuk  melihat-lihat semua ruangan di dalam Day Care.
  4. Kualitas Pengasuh, ini nih mom yang paling susah. Kalau sudah tentang hati manusia siapa yang tau. Tetapi seharusnya apabila siap menjadi pengasuh, maka harus siap juga untuk sabar sesabar-sabarnya menghadapi berbagai macam tingkah anak-anak. Selain sering bertanya-tanya langsung atau via chat dengan pemilik Day Care mengenai para pengasuh, selebihnya kita berdoa meminta perlindungan untuk anak kita kepada Sang Pencipta :)

Anak saya sudah satu tahun lebih di Day Care, namanya TPA Qurrata A'yun. Dari namanya saja sudah bisa terlihat nuansa islam nya ya. Niatnya mau review Day Care tersebut, tapi berhubung saya belum dapat foto-foto lengkap tentang suasana Day Care "QA", jadi akan saya bahas apabila semua "alat perang" untuk mereview tempat tersebut sudah lengkap ya mom. Mulai dari Biaya yang harus kita keluarkan sampai apa saja yang anak kita dapatkan. Intinya nggak usah takut menitipkan anak di Day Care selama kita sudah benar-benar selektif memilihnya.

Salam,
8 komentar on "Siapa Bilang Menitipkan Anak di Day Care itu Menakutkan"
  1. Milih daycare yang bagus emang susah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk,harus bener2 cermat buat menentukan pilihan :)

      Hapus
  2. aku ibu rumah tangga bekerja di rumah, lagi nyari juga daycare, yang harian/mingguan tergantung orderan hehe ... alasannya biar anakku banyak teman seumuran, suka enggak tega gitu ya, klo lagi banyak orderan trus anakku main sendirian atau cuma main sama neneknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak ya mbk kalau bisa kerja dirumah...
      aku juga awal2 nitipin anak pakai yg harian...setelah beberapa hari sreg,langsunh deh aku daftarin yg bulanan :)
      Kalau di denpasar bali aku rekomendasiin day care tempat anakku ini deh mbk :D
      Di day care itu, selain selain banyak teman, juga banyak ilmu yg anak kita dapat mbk :)

      Hapus
  3. Anakku dulu juga di daycare sekaligus PAUD dan TK, beberapa kali pindah daycare,tp pas nemu yg cocok Alhamdulilah,drama2 itu pasti ada spt berantem dgn anak lain rebutan mainan,ketular penyakit, tp positifnya banyak juga anak jd pemberani, bersosialisasi, berbagi dan tentu saja mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku pengen bgt nemuin daycare yg ada TK nya juga, tapi di bali belum ada (*atau akunya aja yg belum nemu)#heh :D
      Bener bgt tu mbk, namanya juga anak2, drama2 kayak gitu pasti ada, dan tentunya itu memank akan buat anak kita pemberani dan gampang bersosialisasi :)

      Hapus
  4. kalo tanteku milih daycare islami juga mbak, kegiatan juga terjadwal dari makan, ngaji, belajar sampai sore. tapi aku sendiri gak kepikiran nitip anak di daycare hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk lbh enak yg islami ya biar sekalian dapat ilmu islam sejak dini :)
      Hihii iyaa mbk kalau q sama suami sama2 kerja, jadi deh pilih daycare buat jaga anak :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi Sarah Yasmin's Blog, dan meninggalkan jejak komentar disini.
Silahkan tinggalkan link blog kalian, agar aku bisa berkunjung balik.

Salam ❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature